Mengintip Fajar di Tebing Keraton

By | November 29, 2019

Tebing keraton – Jalan – jalan di kota Bandung akan lebih indah jika kamu berkesempatan meyambut datangnya pagi di tebing keraton, (dalam bahasa sunda disebut karaton) yang berlokasi di taman hutan raya (Tahura) di daerah dago atas Bandung. Indahnya cahaya matahari ketika terbit mengintip dari balik pepohonan hutan dan bukit, membuat suasana menjadi terkesan romantis. Garis-garis sinar matahari yang muncul diantara kabut tipis dalam foto hasil jepretan kamera adalah tujuan utama pecinta fotografi yang rela jauh-jauh datang kesini. Perjalanan yang tidak mudah menuju lokasi ini tidak menjadi hambatan demi melihat pemandangan alam dago yang cantik.

Pemandangan dari Tebing Keraton Bandung

Pemandangan dari atas Tebing Keraton

Cara Menuju Lokasi Tebing Keraton

Untuk menuju ke lokasi akan sangat sulit jika kamu menggunakan kendaraan mobil. Jalan menuju kesana hanya direkomendasikan untuk penggguna sepeda motor, karena jalan masih berbatu dan belum ada perbaikan jalan. Banyak lubang dan aspal yang terkelupas saat kamu melalui tempat parkir Tahura Juanda, jarak beberapa ratus meter dari parkir Tahura kamu akan menemui petunjuk menuju bukit Dago pakar utara, ikuti saja jalan itu dan kamu akan menemui banyak tanda penunjuk menuju tebing keraton. Sejak pagi, sudah ada puluhan sepeda motor yang parkir diatas tebing tertinggi di Bandung itu, memang untuk urusan biaya parkir kendaraan belum diatur resmi oleh pemerintah, hal tersebut merupakan swadaya yang dilakukan warga setempat yang membangun tempat – tempat untuk penitipan motor, sehingga tarif yang dikenakan juga cenderung tidak mengacu pada peraturan pemerintah.

Apa saja yang bisa kita nikmati di Tebing Keraton ?

Seperti wisata alam lainnya di Bandung, di tebing menakjubkan ini pengunjung juga akan disuguhi suasana alam yang Instagrammable. Dimana pastinya para pengunjung akan berfoto ataupun mengambil video pendek dengan berbagai gaya dan dengan latar belakang hutan pinus yang berkontur perbukitan. Posisi yang paling populer dijadikan spot berfoto adalah batu yang berada di tepi jurang. Waktu yang tepat emang di pagi hari, karena berhadapan langsung dengan matahari yang terbit seolah kita menyambut kedatangannya. Jika kamu datang saat sore hari, maka kamu akan cenderung “mati gaya” karena pada saat sunset kamu tidak akan bisa menikmati foto2 dengan latar cahaya matahari, karena tertutup pepohonan dan gunung di wilayah dago atas. Dari kondisi tersebut bisa kita ambil kesimpulan kalau wisata ke tebing keraton adalah wisata pagi hari untuk menikmati keindahan alam kota Bandung.

Ke Tebing Keraton, baiknya menginap Dimana ?

Memang di sekitar lokasi tebing keraton ini belum ada hotel atau penginapan yang representatif, karena kalau boleh dibilang lokasinya memang benar – benar di tengah hutan. Maka jika kamu mencari penginapan atau hotel terdekat, tempat menginap yang disarankan adalah di seputaran kawasan dago Bandung. Disana banyak sekali penginapan atau hotel berbagai kelas, mulai harga di bawah seratus ribuan hingga jutaan semuanya ada di seputaran Dago. Biar lebih gampang dan hemat waktu kamu mungkin bisa searching dan booking hotel via aplikasi online yang sudah terpercaya seperti Agoda, Traveloka, Booking.com, dan yang lainnya.

Oya satu lagi yang perlu diingat, tempat ini bukan termasuk tujuan wisata anak – anak, alat – alat pengaman di tebing keraton yang sederhana menyebabkan tempat ini tidak disarankan untuk dikunjungi oleh anak-anak, kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak muda dan dewasa yang berjiwa muda karena harus melakukan petualangan yang melelahkan , terutama ketika sedang berjalan naik menuju tebing keraton. Sebenarnya tidak membutuhkan tenaga ekstra, hanya sikap dewasa dan tidak mudah emosional saat melewati rute yang tidak mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *