Romantisme Keindahan di Puncak Bukit Moko

By | November 29, 2019

Bukit Moko – Tempat ini tidak banyak diketahui orang, Tetapi untuk warga Bandung dan sekitarnya, tempat wisata dengan ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut ini adalah salah satu dari tempat wisata kota Bandung yang paling fenomenal. Karena ketinggiannya, lokasi ini dinyatakn sebagai tempat tertingi di kota Bandung. Kamu bisa melihat keindahan kota Bandung dari sini dan di tempat ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus sambil berjalan menuju suatu spot yang biasa disebut dengan “Puncak Bintang”, yaitu puncak tertinggi bukit Moko.

Pemandangan Bukit Moko Bandung di Malam Hari

Pemandangan Bukit Moko di Malam Hari

Lokasi, Akses, dan Kendaraan Menuju Bukit Moko

Bukit Moko terletak di Desa Cimenyan, suatu daerah di wilayah Bandung Utara. Kalau kamu pernah mendengar daerah Dago, bukit moko ini berdekatan atau masih satu wilayah dengan daerah Dago. Just info, untuk menuju kesini tidak bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot dan mini bus, karena memang tidak ada rute yang menuju kesini. Jadi untuk menuju kesini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor dan mobil sendiri) atau saat sekarang ini kamu juga bisa menggunakan ojek atau taksi online.  Oya satu lagi, jika kamu ingin menuju kesini sambil berolahraga, bisa juga sambal berjalan kaki atau lari. Bukit moko lokasinya tidak jauh dari terminal bus cicaheum, masuk dari jalan padasuka, lurus terus keatas hingga mentok, kamu akan segera sampai di lokasi bukit moko.

Dalam perjalanan menuju bukit moko, kamu akan melewati suatu tempat bernama caringin tilu atau populer disebut Cartil, kenpa tempat tersebut diberi nama caringin tilu ? karena ditempat ini ada pohon beringin besar, pohon beringin dalam bahasa sunda disebut caringin, caringin tilu sendiri merupakan tempat yang dijadikan anak muda sebagai tempat nongkrong ketika akhir pekan, Tempat ini sebenarnya hanyalah jalan yang kanan kirinya terdapat warung-warung makan yang biasa dijadikan tempat nongkrong anak muda Bandung. Karena lokasi dan ketinggian tempat tersebut, kota Bandung terlihat lebih indah jika dilihat dari caringin tilu.

Pemandangan Bukit Moko Bandung

Pemandangan Bukit Moko di Siang Hari

Lalu kalau kamu terus naik keatas, maka jalan yang kamu lalui akan berubah menjadi berbatu (sebelumnya jalan aspal yang cukup mulus). Setelah kamu terus berjalan naiki melewati bagian jalan berbatu tersebut maka setelah itu kamu akan sampai di puncak tertinggi, Bukit Moko.  Di lokasi ini terdapat sebuah warung bernama warung daweung, satu-satunya warung yang ada di lokasi ini dan sangat cocok dijadikan tempat untuk menikmati keindahan kota Bandung. Dalam bahasa sunda daweung artinya melamun atau kayaknya lebih bagus kalau kita sebut dengan merenung ya. Jadi warung ini sangat pas untuk tempat merenung, tapi ada baiknya kamu beraktivitas lain misalnya ngopi – ngopi syantik sambal menikmati keindahan kota Bandung daripada diam merenung (baca : melamun). Pemandangan lain yang sangat indah juga ada di belakang warung Daweung, jajaran pohon hutan pinus yang tersusun rapi dan rapat juga terasa sangat menenagkan jiwa. Di sebelah kanan kiri hutan pinus tersebut, juga terhampar kebun-kebun warga yang tersusun rapi, mayoritas adalah kebun sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *